Pengalaman Salah Mengisi Keterangan Jenis Kelamin di Tiket (Traveloka - Scoot Airlines)
By Kantia - October 14, 2017
Waktu itu malam sehabis pulang kerja, seminggu sebelum nonton konser Foo Fighters di Singapura aku belum juga memesan tiket pesawat dan hotel. Karena khawatir kehabisan tiket yang harganya reasonable, aku pun jadi terburu-buru dalam melakukan pemesanan. Hasilnya, ya, aku salah mengisi jenis kelamin pada proses pengisian data penumpang. Kalau di Traveloka, jenis kelamin tidak tertera secara gamblang, tapi berupa kolom Titel yang pilihannya Tuan/Nyonya/Nona. Panik dong, kalau-kalau nanti tidak diperbolehkan untuk terbang
1. Menelepon ke Customer Service Traveloka dan Scoot di Indonesia.
Akhirnya aku pun menelepon ke customer service Traveloka di 0804-1500-308 jam 12-an malam. Telepon diterima dengan sangat ramah oleh petugas cs, dan dijelaskan bahwa untuk penggantian jenis kelamin bisa dilakukan langsung ke maskapai penerbangannya. Petugas juga menginformasikan nomor telepon Scoot. Malam itu juga, aku telepon nomor yang diberikan. Dari 2 nomor yang aku coba, ternyata tidak satu pun yang tersambung dengan Scoot. Wah kacau panik banget. Aku mencoba googling pengalaman serupa, tapi kebanyakan menggunakan maskapai Air Asia, Lion, dan Garuda Indonesia.
2. Mengubah Detil Penerbangan di Website Scoot
Aku pun coba melihat FAQ di halaman website Scoot, dan disebutkan bahwa aku bisa koreksi sendiri melalui websitenya. Jadi, caranya, masukkan nomor booking, lalu nanti bisa tambahkan layanan lain atau bagasi tambahan. Aku pun mencoba mengganti keterangan jenis kelamin. Ada sih pilihannya, tapi ketika klik save ternyata tidak berubah juga. Waduh, stress berat hahaha...
3. Menelepon ke Customer Service Scoot di Malaysia
Karena tidak juga berhasil mengganti keterangan jenis kelamin di website, aku pun meminta pencerahan dengan menelepon CS Traveloka (lagi) jam 1-an dini hari. Seperti biasa, petugas yang melayani sangat sangat ramah dan aku sampaikan bahwa nomor telepon CS Scoot tidak bisa dihubungi meskipun sudah ditelepon seharian. Akhirnya, dia menyarankan untuk menelpon ke CS di Singapura/Malaysia. Setelah aku mencatat nomor telepon yang diberikan, aku mencoba untuk menelepon salah satu dari 2 nomor yang diberikan. Belakangan aku tahu, ternyata itu nomor CS di Malaysia. Pakai telepon rumah, aku hubungi nomor tersebut dengan awalan 007 karena itu Sambungan Langsung Internasional (SLI). Hasilnya? Ya, telepon tersambung dan diterima dengan baik oleh CS Scoot cabang Malaysia. Karena khawatir akan ada gap dalam bahasa, meskipun sama-sama Melayu tapi aku berbicara dengan bahasa Inggris sepanjang percakapan. Petugas CS Scoot sangat telaten dalam pelayanan. Aku pun menyampaikan bahwa terdapat kesalahan jenis kelamin, jadi si petugas meminta nomor booking serta nama penumpang. Saran aku, ketika mengeja nomor booking, cobalah mengeja dengan NATO Phonetic Alphabet (Contoh NATO Phonetic Alphabet) supaya tidak salah paham.
Tidak terlalu lama, permasalahan pun beres (menurut keterangan CS Scoot). Nah, karena email yang terdaftar di sistem Scoot adalah email Traveloka, jadi aku diminta untuk meminta pihak ketiga untuk mengirimkan itinerary yang baru. Kerennya lagi nih, proses perubahan jenis kelamin di tiket pesawat tidak dikenakan biaya alias GRATEYYSS yasshh.
Begitu telepon ditutup, aku segera menelepon CS Traveloka (lagi) untuk meminta supaya itinerary baruku (yang sudah dikirim Scoot ke email Traveloka) dikirimkan ke emailku. Petugas tersebut menyampaikan bahwa hal tersebut akan dieskalasi ke bagian ticketing, dan supaya aku menunggu 30 menit-1 jam.
Kira-kira 10 menit-an saja setelah itu, itinerary baru sudah dikirimkan, namun tidak ada keterangan jenis kelamin di situ. Aku pun mencoba memastikan dengan melihat detil penerbangan di website Scoot. Hasilnya? Keterangan jenis kelamin sudah berubah! Alhamdulillah.
Moral of The Story (Tips Memesan Tiket Pesawat Melalui Traveloka):
1. Selalu cek dan cek lagi ketika melakukan pemesanan tiket. Kalau perlu, minta bantuan mata ke 3 dan 4 untuk membantu cek.
2. Jangan pesan tiket terburu-buru supaya tidak melakukan kesalahan pengisian.
3. CS Traveloka dan Scoot sangat informatif dan pelayanannya bagus. I'm a happy customer :)
That's it. Have a great day, everyone!
0 comments