Pengalaman Mendaftar Pekerjaan di English First

By Kantia - January 29, 2017




[PLEASE READ THIS] Ini pengalaman pribadi waktu aku bekerja di English First sebagai English Teacher tahun 2014-2016. Tahun 2016 aku resign dan diterima di OJK. Ok? Bye.

Semua berawal ketika aku masih aktif di dunia Twitter. Kebetulan sejak memutuskan untuk konsentrasi di Surabaya supaya lebih mudah daftar pekerjaan, aku mulai mengikuti akun Twitter Event Surabaya https://twitter.com/eventsurabaya. Sewaktu sedang scrolling timeline, aku menemukan satu tweet yang isinya mengenai lowongan pekerjaan di English First Surabaya. Disitu terdapat 2 jenis pekerjaan, yang pertama sebagai staf dan yang kedua sebagai tenaga pengajar. Aku pikir, tidak ada salahnya dicoba. Toh kebetulan juga kebetulan aku punya sertifikat IELTS dan TOEFL iBT yang masih berlaku. Capek juga jadi pengangguran lama-lama hehehe... Setelah melengkapi surat lamaran, aku pun mengirim dokumen yang dibutuhkan melalui email.

Seminggu kemudian, aku mendapat telepon yang menyatakan bahwa pihak HRD tertarik dengan lamaran yang aku kirimkan. Tapi beliau tidak paham mengenai jenis pekerjaan yang aku lamar. Mulanya, aku mengatakan cukup menjadi staf saja (front officer). Tapi beliau menyarankan untuk mencoba menjadi guru, karena kebetulan sedang banyak lowongan. Akhirnya, aku pun mengatakan iya.

Besoknya, aku datang ke EF Center di Surabaya yaitu di Delta Plaza. Disana, aku mengerjakan tes tertulis. Isinya ada reading, grammar, dan writing. Kami diberi waktu satu jam untuk menyelesaikannya. Setelah itu, kami disuruh menunggu karena ternyata hasilnya akan segera diumumkan. Tak kusangka, ternyata aku lolos dan besok aku harus datang ke tempat ini lagi untuk melakukan wawancara.

Keesokan harinya, aku datang untuk diwawancarai. Ternyata sudah ada 2 pihak HRD yang menunggu di ruangan. Mereka menanyakan hal-hal standar seputar komitmen untuk bekerja karena latar belakang sarjanaku yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan sastra Inggris/bahasa lainnya, apalagi pendidikan. Wawancara berlangsung sangat santai dan nyaman. Mereka mengatakan bahwa hasilnya akan disampaikan melalui telepon. Aku sudah berpikir bahwa sepertinya aku tidak akan diterima karena latar belakangku.

Ternyata, seminggu kemudian, aku mendapat telepon bahwa aku lolos ke wawancara selanjutnya. Pada hari H, aku datang terlambat, tapi syukurlah masih diterima dengan baik. Wawancara kali ini berlangsung dengan nyaman, bahkan lebih menyenangkan daripada sesi sebelumnya. Waktu wawancara kurang lebih 45 menit-an.

Satu minggu kemudian, aku mendapat telepon bahwa aku berhak mengikuti Teacher Training. Jadi, sebelum bekerja sebagai guru, orang-orang yang lolos wawancara diharuskan untuk mengikuti pelatihan mengenai cara pengajaran di EF. Alhamdulillah, setelah berkali-kali gagal mendaftar pekerjaan, khususnya di sesi wawancara, akhirnya aku dapat kerja juga meski benar-benar berbeda dengan nature-ku sebagai software engineer hehehe...

Pelatihan yang aku dapat berlangsung selama hampir tiga minggu. Materi yang disampaikan benar-benar tidak bisa masuk ke otakku. Karena aku harus melakukan adaptasi besar-besaran terhadap cara berpikir dan perspektif. Whew, ternyata menjadi guru sama sekali bukan pekerjaan yang bisa diremehkan. Semenjadi jadi guru di EF, aku semakin menghargai dan bisa merasakan yang guru rasakan kalau ada murid yang nakal. Padahal waktu sekolah dulu, khususnya SMA, aku bandel banget hahahaha... Rasanya seperti mendapat karma.

Pengalaman selama 1,5 tahun bekerja di EF sangat, sangat berkesan dan menyenangkan! Meskipun awalnya kagok karena belum terbiasa berkomunikasi dengan bule (baca: cultural shock), tapi akhirnya aku bisa bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang dari negara-negara berbahasa Inggris, seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, Selandia Baru, bahkan Afrika Selatan. Meskipun belum lolos seleksi beasiswa LPDP, tapi alhamdulillah bisa mendapat teman-teman, wawasan, dan pengalaman baru.

Buat lulusan Sastra Inggris atau pendidikan Bahasa Inggris, boleh banget tuh coba daftar menjadi guru EF, karena lembaga ini selalu butuh banyak guru. Tidak sedikit juga jebolan guru EF dapat beasiswa studi lanjut dari lembaga-lembaga penyedia beasiswa dari luar negeri. Good luck!

  • Share:

You Might Also Like

64 comments

  1. Mb bole minta kontaknya wa/bbm/line, boleh ya ingin nanya2 pengalaman di ef, lokasi sy di sby

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Assalamualaikum Wr Wb kak, mau tanya donk, untuk wawancara kedua di EF itu apa saja yang ditanyakan? makasih kakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam, wawancara kedua ya sama saja dengan yang pertama. Tapi pertanyaannya lebih mendalam, trus ada hal-hal yang bersifat teknis terkait pekerjaan nantinya.

      Delete
  3. so, saya sekarang sedang bekerja di world largest hotel company. saya bekerja sebagai front office staff, latat belakang pendidikan saya manajemen perhotelan gak nyambung. kebetulan kemarin baca baca ada lowongan sudah saya coba, ef nya yang di delta. masih tahap awal, umm.. nothing to lose tapi berharap mendapat pengalaman baru, �� mohon doanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. fyi, ada guru EF yang dulunya kerja di bidang perhotelan loh. kalau emang passion-nya, kenapa nggak? Good luck yaa..

      Delete
  4. Jadi tidak mesti lulusan sastra inggris ya kak? Acuan persyaratannya IELTS & TOEFL?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jadi tidak ada syarat khusus untuk latar belakang pendidikan. IELTS dan TOEFL juga tidak dipersyaratkan.

      Delete
  5. Kerja di EF dari jam berapa sampe jam berapa ya kak? Dan hari apa saja? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau teacher standby dari jam 1 siang sampe jam 9 malam. senin-jumat.

      Delete
  6. Sore kak, kalau untuk part time kira kira dari jam berapa sampe jam berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak tentu, karena tergantung jatah kelas yg diberikan. Yg jelas jam les yaitu mulai jam 3 sore sampai 9 malam

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kalo mau tanya2 bisa disini aja ya :)

      Delete
  8. Kak, kl staf di EF pake sistem kontrak gak ya? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai. Jadi kan di awal udah di offer mau kontrak secara full time, half time atau part time.

      Delete
  9. Mbak, boleh minta nomer wa nya? Saya mau tanya2 soal EF. Terimakasih mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan tanya disini saja ya. Atau bisa telp ke EF nya langsung :)

      Delete
  10. Assalamu'alaikum kak.
    Saya ke kemaren dapat telp dari EF sutos, katanya ada kursus bahasa inggris gratis, menurt kakak gmana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya, mbaknya tanyakan langsung ke EF Sutos saja hal ihwal kursus tersebut karena itu bukan kapasitas saya :)

      Delete
  11. Mbak syarat wajibnya cuma ijazah s1 segala jurusan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu tahun 2014 silam aku daftar, syaratnya sih minimal D3. Waktu sudah ada beberapa yang lolos ke tahap training, ada juga yang lulusan D2 dari kampus internasional.
      Yup, jurusannya bebas. Bahkan ada temanku yang lulusan Sastra Mandarin, tapi lolos ke tahap training.

      Delete
  12. Pengalamannya luar biasa mbak. Saya berminat jadi guru EF. Apakah EF Surabaya membuka lowongan guru? Kebetulan saya domisili Surabaya dan lulusan S1 Sastra Inggris.
    Mohon infonya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan ditanyakan ke pihak EF nya langsung ya.. Karena bukan kapasitas saya untuk menjawab :)

      Delete
  13. Assalamualaikum mba mau tanya kalau ada iklan lowongan di EF itu selalu ada di websitenya ga ya kebetulan saya liat ada iklan di website loker kalau EF buka loker tapi takutnya tipu-tipu gitu mba. Dan mau bertanya mba kalau bagian marketing di EF kerjanya seperti apa ya mba? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1) Saranku, lebih baik pastikan aja ke pihak EF nya apakah benar mereka memasang iklan lowongan kerja sebagaimana dimaksud

      2) Banyak sih, intinya bikin event atau acara atau apapun yang bisa menarik minat calon siswa. Mohon maaf itu saja yg saya tahu karena saya tidak pernah di bagian marketing.

      Thank you

      Delete
  14. Mbak kalau boleh tau dulu waktu nglamar nilai ielts mbak berapa?

    ReplyDelete
  15. mbak dulu kirim lamarannya english apa indo?soalnya aku mau apply tp bingung harus pake bahasa apa lamarannya. soalnya english ku juga masih kelas menengah gak mahir2 banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya aku apply nya bukan teacher sih tp bagian lain mbak

      Delete
    2. Kalau aku pastinya pakai bahasa inggris, dan meskipun bukan jadi teacher tapi pastinya nanti harus bisa berkomunikasi pakai bahasa inggris dengan siapapun.

      Delete
  16. halo mbak, kebetulan saya baru saja diterima di EF Malang sbg course consultant. mungkin kalau mbak nya tau, bisa di share nih apa aja yg dilakukan course consultant ? kemarin sih sempet baca2 dan dijelaskan sedikit juga CC disini tugasnya adalah mencari customer/siswa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Setelah dapat siswa juga kamu harus bisa maintain mereka, meliputi pengaturan kelas, jadwal, dan info lain seputar kursus.

      Delete
    2. tahapannya apa aja mas untuk jadi course consultant kl boleh tau? apakah juga interviewnya pakai bahasa inggris?

      Delete
    3. Maaf saya tidak tahu kalau yg itu.

      Delete
    4. kak apakah CC itu sama dengan marketing?

      Delete
  17. kak, mau tanya kalo misalnya pas bagian wawancara full english ya? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semua tahapan tes baik tertulis maupun wawancara nya fully in English

      Delete
  18. Ka kalo front officer tes grammar, reading, writing, listening juga ga? Dan tugasnya front officer apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak tau tesnya kaya gimana. Tugas-tugas front office (course consultant), coba baca di komen2 sebelumnya ya

      Delete
  19. Kak mau tnya ya. bedanya kontrak half time and part time apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda di gaji dan insurance benefitnya. Kalo full time di kontrak setahun :)

      Delete
  20. Dan kontrak EF untuk teacher berapa lama

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum. maaf mau tanya dulu mbaknya kerja di EF ada insentifnya gak? trus fee nya brpa? kalau keberatan menyebutkan angka, kisarannya aja deh. heheh.
    terima kasih :)

    ReplyDelete
  22. Halo, Mbak. Terimakasih, infonya sangat bermanfaat. Saya kebetulan sedang mengikuti tahapan seleksi EF sebagai teacher dan akan interview tahap 2 dalam waktu dekat ini. Setelah membaca tulisan Mbak, saya sedikit penasaran benarkah guru2 di EF sedikit yang bisa mendapat beasiswa studi lanjut dari penyedia beasiswa? Karna saya termasuk salah satu org yang punya rencana untuk studi lanjut di luar dgn jalur beasiswa. Bolehkah saya minta pendapat dan sarannya menurut pandangan dan pengalaman Mbak selama di EF? Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapat atau tidak nya beasiswa ya tergantung kondisi kamu waktu tes, pihak beasiswa menilai kamu qualified atau tidak. Bukan tergantung kerja di EF.

      Delete
  23. Mbak mau tanya, jadi saya melamar kerja di EF sebagai staff dan kemarin sudah wawancara, nah hari ini saya juga di minta untuk ke EF lagi, tadi HRDnya bilang kl saya harus mengikuti trial pada hari jum'at selama 3 jam. Saya hanya bertiga bersama teman saya. Apakah Trial termasuk dalam sistem penilaian atau tidak?terimakasih jika mau menjawab mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya dulu daftar sebagai teacher, jadi stepnya berbeda dengan staf. Mhn maaf saya tidak tahu.

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Mbak, waktu daftar di EF apa ada tes microteaching ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu tes awal tidak ada, tapi waktu pelatihan ada praktek mengajar bareng teacher yang sudah berpengalaman.

      Delete
  26. Hallo ka. Kalo coruse consultant itu kerjanya only di office aja atau keluar2 gitu ka? Makasih

    ReplyDelete
  27. Halo kak. Untuk pengumuman interview rata2 memang jarak pengumumannya 1 minggu pas ya?

    ReplyDelete
  28. Hallo ka, untuk jadi bagian admin apa wawancara nya pakai bahasa inggris juga?

    ReplyDelete
  29. Mau nanya ka sistem interview diEF sekarang gimanaa? Saya sblum interview sudah disuruh tes online apakah pas interview akan dites lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak tahu, saya sudah tidak bekerja di EF

      Delete
  30. Hi mba, kebetulan sy dpt tawaran kerja dr EF. Cm krn sy krg paham environment di sana sprti apa. Mnurut pengalaman mba plus minusnya kerja di sana apa aja? Dan benefit yg diperoleh guru di ef yg non-native seperti apa? Thanks

    ReplyDelete
  31. Kak apakah CC dan marketing itu posisi yang sama?

    ReplyDelete
  32. Kak, masih aktif kah blognya? Mau nanya² soal teacher recruitment di EF juga ni.. semoga dibales yah comment ku

    ReplyDelete